Paranormal Experience


Saat ini di dunia Youtube, sedang marak konten-konten tentang Paranormal Experience. Gegara ada artis yang bikin hal tersebut di channel Youtube-nya. Memang pada awalnya orang-orang yang cerita tuh sebagai korban yang tidak sengaja melihat atau mendengar hal-hal ghaib. Tetapi, sekarang jadi banyak yang sengaja berburu jin. Dulu memang ada sih di TV, tetapi itu kan cuma beberapa stasiun TV aja dan cuma ditayangkan pada waktu-waktu tertentu saja. Kalau di Youtube bisa dilihat berulang-ulang dan bisa dibikin tiap hari dengan durasi tak terbatas.

Jin itu memang ada, dan salah satu dari makhluk yang Allah SWT ciptakan. Jin terbuat dari api, diciptakan sebelum manusia, merupakan makhluk yang berkembangbiak/berketurunan, dapat melihat manusia namun manusia tidak dapat melihatnya, serta memiliki kehendak/hak memilih sehingga ada yang beriman dan ada yang kafir. Seperti manusia, jin Allah ciptakan untuk beribadah hanya kepada-Nya semata.

Saya sendiri suka film-film horor yang ceritanya tentang hantu (bukan yang sadis-sadis). Apalagi sama nonton sama keluarga, jadi bisa sekalian menakuti adik-adik dan sepupu-sepupu. Hehe. Tetapi ya hanya itu saja, hanya sebagai hiburan dan supaya mengetes akidah saya, apakah setelah nonton jadi takut atau tidak. Soalnya waktu kecil, saya pernah takut setelah nonton film Anak Ajaib-nya Joshua Suherman pas episode ada drakula. Saya sampai merinding, susah tidur, dan takut ke kamar mandi. Hehe. Jadi, sekarang tentu tidak mau seperti itu lagi. Harus berani. Akan tetapi bukan berarti saya menantang dan ingin berinteraksi dnegan jin, karena yang saya pahami berhubungan dengan jin itu tidak boleh dalam Islam.
Baca lebih lanjut

Berlaku Adil (Tafsir QS. Al Ma’idah: 8)


Di antara perjanjian Allah dengan ummat Islam ialah untuk menegakkan keadilan pada manusia. Yakni, keadilan mutlak yang neracanya tidak pernah miring karena pengaruh cinta dan benci, kedekatan hubungan, kepentingan, atau hawa nafsu, dalam kondisi apa pun. Keadilan yang bersumber dari pelaksanaan ketaan kepada Allah, yang bebas dari segala pengaruh, dan bersumber dari perasaan dan kesadaran terhadap pengawasan Allah yang mengetahui segala yang tersembunyi dalam hati. Karena itu, dikumandangkanlah seruan ini,

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Alah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Ma’idah: 8)

Sebelumnya, Allah telah melarang orang-orang yang beriman, agar jangan sampai kebencian mereka kepada orang-orang yang telah menghalang-halangi mereka masuk ke Masjidil Haram itu menjadikan mereka melakukan pelanggaran dan tindakan yang melampaui batas terhadap musuh mereka. Ini merupakan suatu puncak ketinggian di dalam mengendalikan jiwa dan bertoleransi, yang Allah mengangkat mereka ke puncak itu dengan manhaj tarbiyah Rabbaniyah yang lurus.

Maka, sekarang mereka diwanti-wanti agar rasa kebencian mereka kepada orang lain jangan sampai menjadikan mereka berpaling dari keadilan. Ini merupakan puncak yang sangat tinggi dan sangat sulit bagi jiwa. Ini merupakan tahapan di balik pengendalian diri untuk tidak melakukan pelanggaran dan supaya tabah mengekangnya. Kemudian dilanjutkan dengan tindakan menegakkan keadilan meskipun di dalam hati terdapat perasaan benci dan tidak suka kepada yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

Audisi Imam


Tulisan ini bermula dari kegelisahan kalo lagi shalat berjamaah di masjid, imamnya suka melakukan “kesalahan umum dalam membaca Al Qur-an.” Termasuk saya juga yang masih banyak salahnya pas dites baca Qur-an. Hehe.. Makanya, saya suka ga mau kalo jadi imam, walaupun pengen banget PANTAS menjadi imam shalat. Huff…

Jadi gini lho, saya mau usul, kenapa ga diadain audisi imam masjid aja ya? Nanti diranking gitu, dari yang paling bagus ke yang bagus. Tapi rankingnya cukup diketahui sama yang ikutan audisi aja. Audisinya pun tertutup, untuk menjaga kehormatan yang ikut audisi. Usulan ini bisa dibuat untuk masjid-masjid lingkungan yang ada di perumahan elit sampai di perkampungan, juga untuk masjid sekolah, kampus, dan instansi lainnya.

Terus gimana cara audisinya? Kalo menurut pemerintah, khususnya Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam dari Kementerian Agama RI, ada beberapa persyaratan, kompetensi umum, dan kompetensi khusus tentang Penetapan Standar Imam Tetap Masjid.

Persyaratan:

  1. Islam
  2. Laki-laki
  3. Dewasa
  4. Adil
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Berakhlak mulia
  7. Berfaham Ahlusunnah wal Jamaah
  8. Memiliki komitmen terhadap da’wah Islam

Baca lebih lanjut

One More Light


Sebenernya udah lama pengen bahas album terbarunya LP yang keluar mei kemarin, judulnya: One More Light. Tapi belom kesampean. Kenapa tetiba pengen coba ngereview album ini? Soalnya albumnya beda banget sama album-album sebelumnya yang lebih cadas. Nah, terus sekarang jadi nambah pengen nulis, soale sang vokalis [chester bennington] telah meninggal dunia hari kamis 20 juli. Saya bukan bikin tribute atau semacamnya lho, karena meninggalnya itu diduga bunuh diri (kalo liat di berita2). Jelas saya mengutuk perbuatan yang diharamkan oleh Allah itu.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (TQS. An Nisa: 29)

Apalagi bisa jadi (ini cuma kekhawatiran saya sih) chester ‘terinspirasi’ dari bunuh diri sahabatnya chris cornell, soalnya chester bunuh diri pada hari ulang tahun si chris. Semoga aja ga ada orang lain yang terdorong untuk bunuh diri juga gegara chester ya. Amiin…

Fakta tersebut sebenernya bertolak belakang dengan album One More Light yang menurut saya keren dari segi liriknya. Dari dulu udah keren sih. Cuma Linkin Park grup band cadas yang bikin lagu tentang hari kiamat dalam In The End, tentang keselamatan pada hari pembalasan dalam The Catalyst, tentang Nabi dalam The Messenger, juga tentang lingkungan dalam What I’ve Done. Walaupun itu semua tafsiran saya aja sih. Hehe… LP juga sempat mendukung umat Islam dengan menolak pengeboman masjid oleh non-muslim di lagu Hands Held High.
Baca lebih lanjut

Ahli Hisap


Ramadhan, kembalilah…!!

Kenapa? Yah, udah pada taulah kalo Ramadhan itu banyak keutamaannya. Tapi, untuk tulisan kali ini, salah satu yang dirindukan pada Ramadhan adalah tidak adanya orang yang merokok secara bebas, apalagi kondisi sekarang punya bayi. Karena bagi saya, para ahli hisap itu adalah orang yang ga peduli sama diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Mereka ga sayang sama diri sendiri, ga suka sama sanak famili, dan ga cinta ibu pertiwi. Apalagi yang sembarangan, ga tau situasi. Dan maaf ya, orang yang merokok sembarangan ini kelihatan sekali kebodohannya. Pernah waktu di stasiun duri, ada seorang bapak yang merokok dengan enaknya di peron yang terbuka (peronnya ada yang berkanopi, ada yang terbuka). Terus gerombolan emak-emak di sebelahnya protes, kalo di peron ga boleh merokok. Nah, si bapak gak keterima, karena menurutnya peron terbuka itu open air, jadi gapapa merokok. Terus pas ditunjukin ada signage dilarang merokok, dia tetap bilang kalo peraturannya salah.

Nah, yang kayak gitu tuh gak cuma satu-dua. Banyak cerita tentang ke-sok-pinter-an para perokok baik saya alami sendiri maupun cerita orang lain. Cerita pertama yang saya dengar mengenai hal tersebut adalah cerita dari Bu Eni waktu saya kelas 4 di SD Bina Insani!

Ruang publik itu adalah ruang yang kita gunakan bersama-sama secara bertanggung jawab. Mau terbuka atau tertutup. Segala hal yang bisa merugikan atau membahayakan orang lain, bakal dilarang di ruang publik ini. Kalopun ga dilarang, yah tau dirilah bro, itu cuma belum dilarang aja. Di angkot kan ga boleh merokok ya, kalo orang yang merokok di angkot, maaf, diludahi (ludah kan sama-sama dari mulut, sama-sama bau, dan sama-sama ada penyakitnya) rame-rame boleh ga? Kan ga ada aturan ga boleh meludah di angkot? Yah tau dirilah bro.
Baca lebih lanjut

Kankemenag Kukuhkan Pengurus FSRB Periode 2017-2018


Kebon Kalapa (INMAS Kota Bogor) – Kementerian Agama Kota Bogor, melalui seksi Pendidikan Agama Islam menggelar acara pengukuhan pengurus forum silaturahim rohis untuk periode 2017-2018. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Kasi PAIS, Pengawas PAI, Ketua MGMP PAI SMA, SMK, pengurus MGMP PAI SMA serta diikuti oleh perwakilan rohis dari SMA dan SMK Se-Kota Bogor, bertempat di Aula Kemenag Kota Bogor, Jum’at (24/3).

Kepala Seksi PAIS, H. Ujang Supriyatna mengatakan acara ini merupakan forum silaturahim rohis Kota Bogor, yang pengukuhannya sendiri secara non formal sudah banyak bergerak dalam kegiatan kepengurusan pada masjid dan SMA serta SMK di kota bogor. Pengukuhan ini, terdapat dalam anggaran DIPA Kota Bogor tahun 2017, maka dari itu dari kegiatan ini mendapat perhatian dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor.

“Kita juga melibatkan pengawas, karena pengawas merupakan mitra kita, pertanggungjawaban ke bawah sebagai pengawasan pada Pendidikan Agama Islam. Kalau kita menganut pendidikan agama islam dengan suplemen, kita harus berupaya bahwa pendidikan agama islam itu adalah pendidikan yang hebat, jangan sampai menjadi melempem, akan tetapi harus kuat,” lanjut H. Ujang.

Pengurus Rohis ini diharapkan dapat terpantau demi meningkatkan dan memajukan nilai-nilai agama Islam.
Baca lebih lanjut

Do’a


  • Do’a untuk orang tua:
    رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ
    “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku…” (QS. Nuh: 28)
    رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
    “…kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al Isra: 24)
  • Do’a untuk istri:
    رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
    “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan: 74)
  • Do’a untuk anak:
    رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
    “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS. Ash Shaffat: 100)
    رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ
    “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ibrahim: 40)
  • Do’a untuk negeri yang aman:
    رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ
    “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)
  • Do’a untuk diri sendiri:
    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
    “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)