Para Atlet Bulutangkis yang Berwisuda


greysia polii

Pada hari Sabtu, tanggal 10 Oktober 2015 (10.10.15) di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, beberapa atlet bulutangkis tengah berbahagia, karena telah diwisuda bersama ratusan mahasiswa Trisakti lainnya. Para atlet itu adalah Greysia Polii, Anggia Shitta Awanda, Richi Puspita Dili, Della Destiara Haris, Melvira Oklamona, dan Gebby Ristiyani Imawan.

Greysia Polii (27 tahun) berhasil meraih titel Ahli Madya (A.Md) setelah menempuh perkuliahan D-3 Perpajakan selama 4 tahun di Universitas Trisakti. Pasangan ganda putri dari Nitya Krishinda Maheswari (mereka berdua peringkat 5 dunia versi BWF) ini lantas langsung terbang ke Denmark dan Prancis untuk mengikuti turnamen bulutangkis internasional selanjutnya. Semangat, semoga sukses di sana ya..!

[jurnal] Membangun Jaringan FORSIMAP


Beberapa pekan lalu, saya menenggelamkan diri pada koleksi buku salah satu arsitek di Jakarta. Dari buku tentang arsitektur dan arsitek yang saya baca, saya menemukan beberapa fakta unik:

Pertama, melihat banyaknya proyek-proyek dan arsitek berasal, sepertinya kita perlu memfokuskan diri untuk memperkuat jaringan di tiga tempat. Yang paling mudah adalah mencari kontak muslim di semua kampus yang ada jurusan arsitektur/perencanaan/yang serumpun. Lebih bagus lagi bila kontak yang kita dapat itu aktif juga di Rohis/LDPS/SKI jurusannya. Yaitu di:

  1. Jakarta: terdata ada 23 kampus yang ada jurusan di atas
  2. Bandung: 10 kampus
  3. Bali: 4 kampus

Baca lebih lanjut

30 Hari di Bogor: Planetarium (part 3 – habis)


*ini cerita terakhir liburan di Bogor. tepat keesokan hari dari Integrated Training FORKOM ALIM’S*

bermula ketika a’adizul ngirim message ke grup KIR di fesbuk. isinya bahwa akan ada pengamatan gerhana bulan parsial di planetarium jakarta (eh, berarti judulnya salah, ini bukan di bogor boi)

uwow, seneng banget. kesempatan emas nih. setelah berhasil beberapa kali mengunjungi bosscha (meski belon pernah neropong pake teleskop yang gede), sekarang bisa ngunjungin pusatnya tempat kegiatan perastronomian di ibu kota.

langsung saja (gak langsung-langsung amat sih, selang beberapa hari kalogak salah) ngehubungi novita yang jadi contact person di message itu. bilang mau ikut, sekalian nanya sapa aja nyang mau ngikut.

*skip aja langsung ke hari H*

hari ini hari sabtu, kemaren hari jumat jalan-jalan ke daerah ciawi sana untuk ikutan acara IT. sekarang saatnya ngebolang ke kota metropolitan. haha

saya di hubungi qq untuk kumpul jam 15 di stasiun bogor. heu, mikir asharnya gimana. tapi yawda dateng dulu aja.

nyampe di stasiun belum liat sapa-sapa. lama kemudian qq dateng sama seorang perempuan, kayaknya adeknya (ampe akhir perjalanan gak tau itu siapa. hehe)
kata qq nunggu arina. setelah lama nunggu, ternyata arina udah ada di dalem. hadoh, gimana sih.

setelah beli tiket, kami masuk ke tempat kereta parkir (?) dan nyari arina. dia ga ada di kolong kereta (yae yalah, emang rel?)
ternyata arina sama seorang laki-laki, curiga adeknya tapi kok lebih tinggi. dan ternyata emang adeknya. alhamdulillah, qq dan arina bawa mahramnya. jadi tenang.

setelah dirasa lengkap, kami pun naek kereta api tut tut tut.
setiap berhenti di stasiun, saya ngeliat keluar nyariin UI, tapi ga ketemu. wah, si marista boong nih. hehe,,,
Baca lebih lanjut

Karakteristik Eksternal Kota Bogor


KEDUDUKAN KOTA

Berdasarkan Tipologi (Besaran dan Fungsi Utama) Kota di Indonesia Tahun 2015, besaran Kota Bogor pada tahun 2015 adalah kota besar dengan fungsi kota sebagai PKW (Pusat Kegiatan Wilayah), yang dominasi kegiatan wilayahnya berupa kegiatan industri, permukiman, perdagangan, dan jasa.

PKW (Pusat Kegiatan Wilayah) menurut Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) menunjukkan hierarki fungsional dalam lingup wilayah nasional. Pusat Kegiatan Wilayah berarti kota-kota yang berfungsi sebagai: (1) Pusat jasa-jasa pelayanan keuangan/bank yang melayani provinsi atau beberapa kabupaten, (2) Pusat pengelolaan/pengumpul barang untuk satu provinsi atau mepiluti beberaoa kabupaten, (3) Simpul transportasi untuk satu provinsi atau meliputi beberapa kabupaten, (4) Pusat jasa pemerintahan utnuk satu provinsi atau meiputi beberapa kabupaten, dan (5) Pusat jasa-jasa kemasyarakatan yang lain untuk satu provinsi atau meliputi beberapa kabupaten.

Dalam hal ini, PKW Kota Bogor mencakup Kabupaten Bogor, Kabupeten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Sukabumi.

Kota Bogor dalam konteks regional memiliki fungsi sebagai kota penyangga DKI Jakarta yang merupakan ibukota Negara yang secara tidak langsung sangat mempengaruhi perkembangan Kota Bogor sendiri seperti tercantum dalam RUTRK Kota Bogor Tahun 1995. Dalam peraturan daerah Provinsi Jawa Barat nomor 3 tahun 1994 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat, terdapat beberapa pokok kebijaksanaan yang berpengaruh dan terkait langsung dengan Kota Bogor, yaitu :
a. Kota Bogor diarahkan sebagai kota hierarki II A dengan kegiatan utamanya adalah permukiman dan perdagangan regional yang merupakan pusat pelayanan bagi wilayah sekitarnya.
b. Kota Bogor termasuk kota yang dilalui oleh pengembangan jalan tol lalu lintas Bogor – Sukabumi – Padalarang.
c. Pengaktifan kembali jalur kereta api pada jalur Bogor – Cianjur – Sukabumi – Bogor – Jakarta.
Baca lebih lanjut

tolak BHP: harga mati!


bismillah
assalamu’alaykum wrwb

tanggal 17 desember 2008,
tercatat sebagai disahkannya bencana pendidikan indonesia
yup, pada saat itu, RUU BHP berubah menjadi UU BHP
sedih banget…

kenapa BHP penting untuk ditolak?
yang paling fundamental, isinya tuh bertentangan banget dengan dasar filosofis pendidikan

UU BHP menjadikan lembaga pendidikan dijadikan sebuah badan hukum privat, dimana sekolah diperjualbelikan. masa sekolah dan PT diperjualbelikan di pasar saham?! konsekuensinya sekolah harus nyari biaya sendiri untuk menjalankan roda belajar mengajar karena pemerintah cuma ngasih 20% dari total biayanya dan bisa pasti realnya kurang dari itu…

kita semua dibodohi dengan UU BHP,,
mereka bilang pemerintah dipastikan untuk membiayai pendidikan tapi, ya, ada celah hukum dimana UU BHP itu ngebuat pemerintah bisa ga bayar uang pendidikan. intinya sih, pemerintah semakin lepas tangan untuk masalah pendidikan. mana ada pemerintah yang ga peduli ama pendidikan di negaranya?!

jepang pascaperang dunia tuh, memfokuskan pembangunan pada pendidikan. bukan militer, bukan ekonomi, bukan infrasruktur. hasilnya apa? jepang jadi negara maju!!!
Indonesia yang belum maju, udah ninggalin pendidikan. hasilnya apa? … … … *tanya ama diri sendiri*
mending kalo jepang hancur, udah pernah maju. masa Indonesia belum maju, udah hancur duluan?
Baca lebih lanjut

Petualangan 1 Hari =D


Assalamu’alaykum wr wb

kumaha? damang? Alhamdulillah atuh. Yu, urang panjatkeun heula, puja jeung puji ka Gusti Nu Maha Welas Asih. Teu hilap, urang haturkeun shalawat sarta salam ka junjungan urang sadayana, Nabi Muhammad saw.

*udah ah!*

Yap, cerita kali ini adalah ketika saya liburan tiga hari di bogor, yaitu pada tanggal 4, 5, dan 6 Juli 2008 kemaren. Namun, karena pas tanggal 4 dan 5 nya biasa-biasa aja: maen, makan, nonton, tidur =D jadi yang bakal diceritain cuma tanggal 6 ajah…

Cerita ini dibagi dua sesi, dari pagi sampe zuhur acaranya KIR. dari zuhur sampe ‘isya acaranya DKM.
Foto SMANSA dulu ah!


Baca lebih lanjut