Jalan-Jalan Tarawih (1)


Ramadhan yang saya alami tahun ini ada yang berbeda, karena saya melakukan shalat tarawih di berbagai masjid yang berbeda di bandung, walaupun ga banyak-banyak amat.

eh, tapi sebenernya boleh gak sih? apakah ada sunnah yang lebih mengutamakan shalat di satu masjid saja? karena sebenernya saya melakukan jalan-jalan tarawih hanya iseng saja dan ternyata saya jadi tahu banyak jenis-jenis tarawih lho…

1. Masjid Ad Dakwah, Jl. Batik Sidomukti/Batik Halus

Masjid yang berada di dekat tempat tinggal saya ini, ternyata ‘punya’ Prof. Miftah Faridl lho. Beliau adalah ketua Yayasan Universitas Islam Bandung (masih gak sih?) dan tokoh nasional juga. Trus, kalo gak salah YPM Salman menetapkan bahwa beliau adalah imam utamanya (tapi malah jarang shalat di Salman, hehe). Oia, waktu saya tingkat 2, beliau lah yang menjadi dosen agama saya (ini kelas lucu deh, asdos-nya teh Elih tapi peserta kelasnya kang Heru, posisinya kebalikan kalo lagi rapat Mata’: kang Heru korum dan teh Elih staf S2Q).

Nah, kalo menjelang bedug maghrib, makanan-makanan ta’jil dijajarkan dalam 1 piring: gorengan, kue basah, dan kurma, di shaff paling belakang untuk ikhwan dan di teras masjid sebelah timur untuk akhwat. Pernah suatu ketika, ada makanan berat yang dibagikan ba’da shalat maghrib.

Shalat tarawih dilakukan setelah ceramah singkat (yang biasanya dilakukan oleh Pak Miftah sendiri) dan dilaksanakan berjumlah 10 rakaat (dengan rincian setiap 2 rakaat salam), lalu ditutup dengan shalat witir 1 rakaat. Saya ga tau hadits tentang qiyamul layl 10 rakaat, ada yang tau kah? Tolong share di bagian komen dong. Nuhun…
Baca lebih lanjut

Shaf Masjid


bismillah assalamu’alaykum wr wb

innalhamdalillah wash shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah

umm, pada suatu jumat (lupa kapan, tapi udah cukup lama) saya pernah mendengar sebuah khutbah jumat di masjid di cisitu, nama masjidnya al-amanah. sang khotib berkata kira-kira begini:

“untuk mengukur kekuatan da’wah di suatu wilayah, lihatlah jumlah shaf di masjidnya. makin banyak shaf, makin cepat kebangkitan Islam terwujudkan.”

jleb, saya langsung tertohok.
tiba-tiba teringat masjid-masjid yang saya sering kunjungi di lima waktu tiap harinya. masjid di deket rumah di bogor, masjid SMA, masjid al ukhuwah ini, dan masjid SALMAN!
seinget saya jumlah shafnya masih dikit (kecuali masjid SMA, karena emang para siswa cuma bisa shalat disitu, jadi agak banyak)

lantas saya jadi mikir, apa yang telah saya lakukan selama ini?
berdakwah dari hongkong! ngajak ngelaksanain yang wajib aja belum bisa, apa lagi ngajak ke hal lain?
astaghfirullah,,,
Baca lebih lanjut

Untuk Pejuang Quran


assalamu’alaykum wr wb

di afrika, seekor singa terbangun dari tidurnya dan harus berlari lebih cepat dari rusa yang paling lambat untuk bisa bertahan hidup.
di afrika, seekor rusa terbangun dari tidurnya dan harus berlari lebih cepat dari singa yang paling cepat untuk bisa bertahan hidup.

sekarang bulan oktober,,,
bulan depan november, lalu desember, lalu januari…
3 bulan lagi, semester 1 beres..

udah ngapain aja kita di mata?
apakah mesin-mesin dakwah itu belum panas?
apakah geliat-geliat syiar quran itu belum terasa?
apakah singa-singa Allah itu masih tertidur?

“dan BERSEGERALAH kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,” (QS. Ali Imran: 133)

Dakwah itu seperti gerbong kereta. Ada atau tidaknya kita di sana, gerbong itu akan tetap berangkat menuju surgaNya.
Saudaraku, apakah surganya tidak begitu menggiurkan untukmu?
Lantas, kenapa engkau masih ada di luar gerbong kereta ini???

Pegang erat tanganku, bergabunglah dalam KELUARGA PEJUANG QURAN ini…
Sungguh, aku ingin bersama kalian di sini.
Bukankah hati kita telah lama menyatu???

Allahu’alam
PH | AR’07 | https://rezaprimawanhudrita.wordpress.com
(menjelang muker 31102009-01112009)

Lomba Ramadhan 1430 H


Assalamu’alaykum wr.wb.

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, panitia PMBR GAMAIS dan P3R Salman akan mengadakan rangkaian Lomba Ramadhan.

Pekan Kreativitas Ramadhan:
– Lomba Cerpen
– Lomba Cipta Puisi
– Lomba Komik Ramadhan
– Lomba Fotografi Ramadhan
– Lomba Desain Pin Islami
– Lomba Takbir Terkeras
– Lomba Nasyid
– Lomba Stand LDF
– Lomba Sekre Himpunan Terbersih dan Mading Himpunan

Olimpiade Al-Qur’an:
– Musabaqah Tilawatil Qur’an (Melagukan)
– Musabaqah Tartilil Qur’an (Membaca)
– Musabaqah Hifzhil Qur’an (Hafalan)
– Musabaqah Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat)
– Musabaqah Khattil Qur’an (Kaligraffi)
– Musabaqah Ta’dzinish Shalah (Adzan)
– Lomba Karya Tulis Al-Qur’an
– Lomba Story Telling Al-Qur’an

Pendaftaran: 24 Agustus – 4 September 2009
– Stand dekat ATM
– SMS ke 085722133012 dengan format: PKR/OA_Nama Lomba_Nama Lengkap_NIM_Fak/Sek/Jur
Contoh: PKR_Komik Ramadhan_Fulan Jamil_16009555_FMIPA

Batas Pengumpulan Karya: 4 September 2009
– Stand dekat ATM
– E-Mail ke lomba_ramadhan@yahoo.com
dengan format: [lomba_ramadhan]nama lomba_nama lengkap_NIM_fak/sek/jur_noHP

Jadwal dan Ketentuan lomba dapat dilihat di: http://www.lombaramadhangamaisitb.blogspot.com

GRATIS!!!
Hadiah menarik!!
Buruan daftar!!!

CP:
PKR: Ridho (081380111263)
OA : Akhmad (085647414531)

Wassalamu’alaykum wr.wb.

Jadwal Pembinaan di Salman


Assalamu’alaykum wr wb

Alhamdulillah, kita patut mensyukuri, bahwa ITB merupakan kampus Islami.
Alhamdulillah, kita patut mensyukuri, bahwa di Salman terdapat banyak pembinaan ke-Islaman.

Nah, ini ada jadwal pembinaan yang ada di Salman untuk umum (total ada DELAPAN pembinaan):

1. Kajian hadist Riyadush Shalihin oleh Ust. Hervi, setiap hari Kamis ba’da zuhur jam 12.30 di ruang utama masjid salman.

2. Kajian hadist Arba’in dari Mata’ oleh Ust. Udin, setiap hari Sabtu jam 16.00 di pojok koridor utara dan timur.

3. Kajian Islam 12 pertemuan oleh Ust. Hervi (aqidah,tauhid asma&sifat, fiqh prioritas, fiqh kontrovesi, penyelenggaran jenasah, fiqh dakwah, dst) setiap hari Ahad jam 16.00

4. Kajian sabtu dhuha setiap hari Sabtu jam 09.30 di ruang utama masjid salman.

5. Kajian dari LPD YPM Salman (baru diinisiasi), setiap hari, ba’da subuh.
Baca lebih lanjut

Outbond DP2Q Ikhwan


Berikut ada peraturan games yang dipakai ketika outbond DP2Q ikhwan. Semoga bermanfaat! Dijamin seruuu!!!

Pengondisian di Lapangan

Pohon tertiup Angin
a. Tujuan : Pengelompokan dan saling berkenalan
b. Teknis : Danlap meminta seluruh peserta membentuk lingkaran besar dan mengikuti arahan danlap. Bila danlap mengatakan, “angin dari depan..” maka peserta bergoyang/bergerak seperti pohon yang tertiup angin ke belakang, begitu seterusnya.. (berguna untuk membuat peserta terkonsentrasi pada apa yang dikatakan danlap), lalu dikatakan, “angin meniup pohon ber…delapan!”, maka semua akan membentuk kelompok dengan jumlah anggota 8 orang, begitu seterusnya hingga dirasa semua sudah pernah sekelompok, baru yang terakhir “ber…kelompok awal!”. Kelompok awal dauroh yang dipakai outbond. Kemudian danlap berkata lagi, “angin meniup kelompok satu ke lapangan!” Setelah itu ada panitia yang mengarahkan arah jalan outbond.
c. Peralatan : –
d. PJ: Rohim

Pos Outbond

Dragon Tail
a. Tujuan : Merekatkan hubungan persahabatan dan kepemilikan dalam kelompok (ukhuwah)
b. Teknis : Tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang, berbaris dalam 1 banjar, dan memeluk pinggang kawan didepannya (seperti main ular-ularan) kemudian, ketua kelompok yang menjadi kepala naga, saling gontok dan bertarung untuk mengambil ekor (tail) naga lawannya. Naga yang hilang ekornya akan kalah.
c. Alternatif permainan : Kecuali orang yang paling depan, semua anggota kelompok ditutup matanya dengan slayer.
d. Efek samping : Bisa luka-luka dan salah paham bila berantemnya berlebihan.
e. Peraturan : Tidak boleh menendang, memukul wajah, dan mencelakakan lawan.
f. Peralatan : Slayer.
g. PJ : Syihan
Baca lebih lanjut

Dauroh Pembinaan Pejuang Qur-an


“SUNGGUH TELAH BERLALU MASA-MASA UNTUK TIDUR,
WAHAI RUHUL JADID”

LATAR BELAKANG
Sejak runtuhnya khilafah islamiyah 1924, umat ini terus dilanda kehinaan dan keterpurukan hingga saat ini. Meskipun begitu, umat ini terus berjuang untuk meningkatkan izzahnya sebagai umat terbaik. Umat yang Allah percaya sebagai rahmatan lil’alamin di muka bumi.
Sungguh, kejayaan dan kemuliaan umat ini hanya bisa diperoleh jika umat ini kembali kepada Al-Qur’an karena Rasulullah pernah bersabda bahwa Allah telah memuliakan umat ini dengan Al-Qur’an dan menghinakannya dengannya juga. Sungguh sangat ironi dan mustahil, kejayaan umat ini terwujud jika Al-Qur’an belum terinternalisasi ke dalam tiap nafas dan langkah pejuang-pejuangnya. Sunguh sangat mustahil, Al-Qur’an bisa terinternalisasi ke dalam diri para paja pejuang da’wah jika masih banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan benar, apalagi mentadaburri dan mengamalkannya. Oleh karena itu, majelis Ta’lim Salman ITB berupaya untuk menjadi salah satu batu bata dalam misi besar menghasilkan pejuang sekaligus pengajar Al-Qur’an, salah satunya dengan dauroh pembinaan pejuang Al-Qur’an yang bertujuan membentuk karakter islam dan da’i secara kaffah berdasar Al-Qur’an dan Assunah.

DESKRIPSI KEGIATAN
Daurah Pembinaan Pejuang Al Qur’an 1 (DP2Q 1) adalah dauroh (pelatihan) berbasis Al-Quran, yang berlangsung selama tiga hari. Hari pertama dan kedua, peserta akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan pembentukan kepribadian islami (syakhsiyah islamiyah) juga pengantar-pengantar mengenai kepribadian da’i (syakhsiyah da’iyah). Dalam dua hari ini, kegiatan diadakan di dalam ruangan. Hari ketiga, peserta akan diberi simulasi da’wah di alam terbuka dalam bentuk outbound.

MATERI
Materi yang akan diberikan berfokus pada pembentukan kepribadian Islami dan pengenalan terhadap da’wah. Materi yang akan diberikan meliputi:
1. Ukhuwwah Islamiyyah
2. Akhlaq Rasulullah (penekanan pada karakter da’i)
3. Urgensi Da’wah sebagai konsekuensi Aqidah
4. Tantangan da’wah dan visi, serta tujuan Salman dan MaTa’
5. Menghafal Al-Qur’an dan Qira’ah Sab’ah

WAKTU DAN TEMPAT
Hari : Jum’at – Ahad
Tanggal : 23-25 Januari 2009
Tempat : Ponpes Baabussalam* Ciburial, Jawa Barat

Registrasi
So, tunggu apalagi?
Wahai para Mujahid muda yang telah terdaftar sebagai AM Mata’, bersegeralah mendaftar ke panitia. Mari kita bersegera dalam kebaikan. Mari kita bersegera dalam mewujudkan kejayaan umat islam.
Registrasikan diri anda dengan cara membuka
http://dp2qmata.cjb.net/
atau
buka blog mata *lihat blogroll saya di kolom sebelah kanan bagian MY FRIENDS (ITB)*
kemudian mengisi kolom komentar dengan format Nama_NIM_Jurusan
Jangan lupa mengajak teman-teman yang lain!

CP:
PH AR’07

DP2Q: Road to 100 Pengajar Quran ITB! Allahu Akbar!!!